Pemerintah Bantah Terapkan Herd Immunity

Pemerintah Bantah Terapkan Herd Immunity

Sosial Budaya No Comments on Pemerintah Bantah Terapkan Herd Immunity

BeritaMonas.com – Strategi herd immunity tengah menjadi diskursus di tengah publik, termasuk Tanah Air. Hal itu menimbulkan pertanyaan, apakah pemerintah Indonesia juga menerapkan strategi itu?

Ketua tim pakar Gugus Tugas COVID-19, Wiku Adisasmito membantahnya. Dia membantah, meski Pemerintah Indonesia berencana ikut melonggarkan beberapa pembatasan pergerakan manusia.

Menurut Wiku, kebijakan yang nantinya dilonggarkan didasarkan kepada beragam aspek, termasuk kesehatan. Wiku menggarisbawahi pelonggaran yang nantinya diambil bukan berarti masyarakat sudah dibolehkan melakukan apa saja termasuk berkumpul. 

“Tetapi, masyarakat juga harus mengikuti protokol kesehatan secara konsisten di dalam aktivitasnya, sehingga kasus positif baru virus corona tidak terus bertambah,” kata Wiku, Rabu (20/5). 

Tujuan utama Pemerintah Indonesia hanya satu yaitu menekan kembalinya melonjaknya COVID-19. Namun, yang menjadi permasalahan kebijakan pelonggaran pembatasan pergerakan manusia yang hendak ditempuh oleh pemerintah dianggap terburu-buru. Sebab, hingga akhir Mei saja, jumlah kasus positif COVID-19 masih terus meningkat di Tanah Air. 

Data dari Gugus Tugas yang dibacakan oleh juru bicara dr. Achmad Yurianto per (20/5) menunjukkan, kasus positif COVID-19 melonjak menjadi 19.189. Sebanyak 1.242 dilaporkan meninggal dan pasien yang sembuh 4.575. 

Leave a comment

Search

Back to Top