Asosiasi UMKM Sambut Rencana Erick Thohir Ubah Sarinah

Asosiasi UMKM Sambut Rencana Erick Thohir Ubah Sarinah

Ekonomi No Comments on Asosiasi UMKM Sambut Rencana Erick Thohir Ubah Sarinah

BeritaMonas.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana mengubah konsep Mal Sarinah menjadi mal yang khusus menjual produk-produk usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).

Ketua Umum Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Akumindo) Ikhsan Ingratubun menyambut baik dan optimis dengan rencana Erick Thohir menjadikan PT Sarinah (Persero), BUMN yang mengelola pusat belanjaan sebagai wadah bagi produk-produk UMKM. Ikhsan berharap, ke depan Gedung Sarinah akan menjadi pusat UMKM Nasional yang ramai dikunjungi oleh masyarakat. Dengan demikian, orang-orang yang mau mencari produk asli Indonesia bisa datang ke Sarinah.

“Kalau itu menjadi prioritasnya Erick Thohir, kita menyambut baik langkah tersebut. Semoga konsep atau idenya mengundang orang datang, yang penting mengundang orang datang, kalau orang yang datangnya banyak otomatis kan disitu menjadi pusat keramaian atau point of meeting, “ujar Ikhsan, Selasa (12/5/2020).

Lanjut Ikhsan, selain kuliner lokal, yang perlu ditampilkan di Sarinah adalah produk UMKM unggulan yang diterima oleh semua kalangan, baik dari generasi milenial maupun kalangan yang sudah tua. 

“Kalau sekarangkan industri kreatifnya yang tua-tua saja, itu pun old passion, nah kalau modern fashion atau model masa kini atau sesuai keinginan pasar saat ini, itu bisa ramai. Bisa dipadukan dengan kuliner, lalu dengan industri kreatif yang bagus dengan kebutuhan masa kini, agar bisa masuk disemua kalangan,” terang Ikhsan.

Selain itu, perlu adanya promosi yang luar biasa atau sering mengadakan acara-acara yang unik agar masyarakat tertarik dan berbondong-bondong datang ke lokasi.

“Tempatnya bagus, tempatnya sudah oke banget, tinggal memperbaiki konsepnya saja dengan mengundang orang datang,” tukas Ikhsan.

Sebagaimana diketahui, pusat perbelanjaan kepunyaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Sarinah, bakal segera direnovasi. Pembaharuan ini dinilai penting dilakukan agar Sarinah bisa menjadi etalase produk dalam negeri. 

Renovasi gedung Sarinah rencananya dijadwalkan pada Juni tahun ini. Namun karena belum redanya wabah Covid-19, pekerjaan renovasi dimulai dengan pekerjaan desain, arsitektur, pemetaan, audit teknis, dan lain-lain yang tidak menimbulkan kerumuman (crowd).

Erick mengatakan bahwa renovasi tersebut sudah lama direncanakan, sebab dinilai adanya keperluan pembaharuan terhadap gedung Sarinah agar dapat tetap bersaing. Namun, juga mengingat pada nilai historisnya sebagai pusat perbelanjaan modern yang mengedepankan keterampilan industri kreatif lokal, mendukung produk dan pedang lokal, terutama oleh Usaha, Kecil dan Menengah (UKM). Langkah tersebut sebagai wujud keberpihakan pada merek lokal.

Leave a comment

Search

Back to Top