Perry Optimis Omnibus Law Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,5%

Perry Optimis Omnibus Law Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,5%

Ekonomi No Comments on Perry Optimis Omnibus Law Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,5%

BeritaMonas.com – Meski beberapa pesimis, Bank Indonesia optimis bahwa pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini tetap stabil di level 5%. Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan pertumbuhan ekonomi yang stabil dikarenakan adanya Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja. Beleid ini, kata dia, bisa mendorong pertumbuhan ekonomi mencapai target yang ditetapkan, yaitu 5,5%.

Perry menjelaskan Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja akan mendorong peningkatan investasi di dalam negeri.

“Kemudahan iklim berusaha sejalan dengan kebijakan pemerintah termasuk implementasi Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja. Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi keseluruhan tahun 2019 dapat mencapai sekitar 5,1% dan meningkat dalam kisaran 5,1-5,5% pada tahun 2020,” ujar Perry di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Perry menambahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap berdaya tahan ditopang oleh perbaikan ekspor dan konsumsi rumah tangga yang tetap baik.

“Perbaikan ekspor didorong oleh kenaikan permintaan mitra dagang dan harga beberapa komoditas ekspor utama. Produk ekspor seperti ekspor batubara, kendaraan bermotor, besi dan baja, serta biji logam dan sisa logam mencatat pertumbuhan positif pada kuartal IV 2019,” jelasnya.

Selain itu, konsumsi rumah tangga tetap terjaga, ditopang keyakinan konsumen yang mulai meningkat dan faktor musiman jelang akhir tahun. Investasi terus membaik, termasuk secara spasial didorong investasi terkait hilirisasi nikel di Sulawesi. Beberapa indikasi kenaikan investasi tercermin pada peningkatan Purchasing Manager Index Manufaktur dan indikator dini lain terkait penjualan ekspor dan penjualan domestik.

Leave a comment

Search

Back to Top