Jokowi Ditunjuk Jadi Pembicara Kunci Abu Dhabi Sustainability Week

Jokowi Ditunjuk Jadi Pembicara Kunci Abu Dhabi Sustainability Week

Sosial Budaya No Comments on Jokowi Ditunjuk Jadi Pembicara Kunci Abu Dhabi Sustainability Week

BeritaMonas.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditunjuk menjadi pembicara kunci (keynote speaker) dalam acara Abu Dhabi Sustainability Week. Pembicara Kunci lazim dilakukan oleh aktor-aktor sentral dalam bidang sains, kepakaran teknologi dan pemimpin politik yang telah diverifikasi berkomitmen pada bidang tertentu.

Dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/1), Juru Bicara Presiden Jokowi Fadjroel Rachman menjelaskan kepercayaan pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) kepada Jokowi sebagai pembicara kunci dalam isu sustainability (keberlanjutan) yang mencakup energi, lingkungan, dan sosial ekonomi. Jokowi dilihat oleh dunia internasional memiliki visi dan komitmen kuat pada sustainability yang menjadi visi global saat ini.

“Visi Indonesia Maju dari Presiden Joko Widodo dan upaya membangun Ibu Kota Negara (IKN) berlandaskan pada misi sustainability menjadi perhatian dan mendapatkan dukungan dari negara-negara dunia. Jepang sebagai salah satu negara pendukung sustainability pun secara serius akan bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam misi sustainability,” kata Fadjroel.Bangsa Indonesia, kata Fadjroel, telah meraih pengakuan dan dukungan internasional. Hal ini merupakan perkembangan penting sebagai negara bangsa besar.

“Upaya Presiden dan jajaran pemerintahannya adalah upaya mencapai Indonesia Maju,” tutur Fadjroel.Sebelumnya diberitakan, Jokowi berada di Abu Dhabi sampai hari Senin (13/1). Selain bertemu MBZ, Jokowi juga akan menjadi pembicara kunci pada Abu Dhabi Sustainability Week.

Kunjungan kerja ini dalam rangka menjalin kerja sama bilateral kedua negara dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, pertahanan, pencegahan terorisme, pendidikan dan lainnya.

Salah satu kerja sama yang akan dijalin adalah dalam bidang Urusan Agama Islam dan Wakaf. Kabag Kerjasama Luar Negeri Setjen Kemenag Thobib Al-Asyhar yang saat ini berada di Abu Dhabi mengatakan bahwa draft MoU telah dinyatakan final dan siap ditandatangani kedua pimpinan negara.

“Draft sudah siap untuk ditandatangani saat pertemuan antara Presiden Jokowi dan Crown Prince Muhammed Bin Zayyed (MBZ) di istana kepresidenan Qasr al-Watan, Abu Dhabi,” ujar Thobib dikutip dari situs Kementerian Agama, Minggu (12/1). (detikcom/d)

Leave a comment

Search

Back to Top