Selain Investasi Natuna, RI-Jepang Juga Akan Kerja Sama soal Coast Guard

Selain Investasi Natuna, RI-Jepang Juga Akan Kerja Sama soal Coast Guard

Sosial Budaya No Comments on Selain Investasi Natuna, RI-Jepang Juga Akan Kerja Sama soal Coast Guard

BeritaMonas.com – Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi bertemu dengan Menlu Jepang, Toshimitsu Motegi. Pertemuan tersebut menghasilkan penguatan kerja sama di beberapa sektor strategis.

Kerja sama tersebut salah satunya penguatan kerja sama ekonomi di wilayah pulau-pulau terluar Indonesia, termasuk Natuna. Kedua negara sepakat memperkuat kerja sama di bidang pembangunan sentra kelautan dan perikanan terpadu (SKPT).

“Kita sepakat memperkuat kerja sama ekonomi, terutama investasi pulau-pulau terluar Indonesia, termasuk di Natuna. Khusus untuk Natuna kita sepakat memperkuat kerja sama di bidang pembangunan sentra kelautan dan perikanan terpadu atau SKPT. Indonesia mengharapkan SKPT fase kedua bisa segera ditindaklanjuti. Pembangunan pelabuhan dan pasar ikan, peningkatan kapasitas untuk nelayan, pengembangan pariwisata dan kerjasama energi,” ujar Menlu Retno Marsudi di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Selain kerja sama di Natuna dan pulau terluar, keduanya juga sepakat membentuk mekanisme dialog pada tingkat wakil Menteri Luar Negeri guna membahas penguatan kerja sama sektor-sektor strategis. Juga, untuk melakukan pertemuan 2+2 antara Menlu, Menhan Indonesia dan Jepang pada tahun 2020

“Kita (juga) sepakat untuk memperkuat kerjasama trilateral Indonesia, Jepang, dan Timor Leste. Kita sepakat untuk memperkuat kerjasama coast guard termasuk bidang coast ability dan exchange maritim domain awarness di kawasan Indo-Pasifik,” kata Retno.

Pada pertemuan tersebut Indonesia juga mendorong adanya penguatan kerja sama di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM). Pengembangan SDM tersebut melalui Internship of the Training, pengembangan vokasi, dan pelatihan Bahasa Jepang.

“Kita juga membahas situasi di kawasan, regional dan internasional, antara lain di Timur Tengah, Laut Cina Selatan, dan situasi di Korea Utara. Indonesia dan Jepang memiliki harapan yang sama agar semua pihak menahan diri agar tidak terjadi eskalasi di wilayah Timur Tengah,” tuturnya.

Leave a comment

Search

Back to Top