RI-Jepang Kerjasama untuk Pengembangan Pulau Natuna

RI-Jepang Kerjasama untuk Pengembangan Pulau Natuna

Sosial Budaya No Comments on RI-Jepang Kerjasama untuk Pengembangan Pulau Natuna

BeritaMonas.com – Indonesia dan Jepang akan memperkuat kerja sama di kawasan pulau terluar RI, termasuk di Natuna. Respons ini disampaikan Menlu Retno Marsudi usai pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi.

“Ya komitmen-komitmen kerja sama di pulau-pulau terluar Indonesia kan komitmen yang sudah cukup lama. Jadi responsnya Jepang ya sangat positif dan akan diperkuat. Karena kita dengan Jepang hubungannya sangat intenstif,” ujar Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Kerja sama yang dimaksud berkaitan dengan sektor perikanan. Indonesia dan Jepang sudah bekerja sama mengenai sentra perikanan dan kelautan terpadu di Natuna, Kepulauan Riau.

“Saya bicara mengenai masalah penguatan perikanan di Indonesia, termasuk di pulau-pulau terluar, termasuk di Kepulauan Natuna,” ujar Retno.

Pertemuan juga menyinggung sektor kelautan. Akan ada pelatihan untuk instruktur penyelam.

“Antara lain bisa macam-macam ya. termasuk mengenai pelatihan untuk instruktur diving, dan sebagainya. Macam-macam. Infrastruktur sudah pasti,” kata Retno.

Usai pertemuan dengan Jokowi, Motegi menggelar pertemuan dengan Retno. Pembahasan mengenai kerja sama akan diperdalam di sesi ini. (dkp/rvk)

Leave a comment

Search

Back to Top