Kapolda Pastikan Ada Pengamanan Ekstra Jelang Natal di Papua

Kapolda Pastikan Ada Pengamanan Ekstra Jelang Natal di Papua

Hankam No Comments on Kapolda Pastikan Ada Pengamanan Ekstra Jelang Natal di Papua

BeritaMonas.com – Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menyebut pengamanan di Papua menjelang perayaan Natal dan tahun baru akan ditingkatkan. Pengamanan ekstra itu disebutnya sudah otomatis dilakukan.

“(Pengamanan extra jelang natal-tahun baru) itu otomatis karena itu rutin kan,” kata Irjen Paulus kepada wartawan di Mapolda Papua Jalan Dr Sam Ratulangi, Jayapura, Minggu (1/12/2019).

Paulus mengatakan pada 1 Desember masyarakat Papua menyebutnya hari buka tahun menjelang perayaan Natal. Pihak kepolisian disebutnya akan selalu waspada mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan mulai tanggal 1 Desember hingga perayaan Natal dan tahun.

“Artinya ini beberapa kali saya ungkap jika agenda 1 Desember itu agenda rutin tahunan yang kita selalu waspada melakukan upaya-upaya sedemikian rupa,” ungkap Paulus.

Selain itu, Paulus menegaskan tidak ada perayaan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada hari ini. Meski begitu, ada beberapa pihak sempat ingin mengajukan izin menggelar acara.

“Mereka kemarin ada beberapa yang mau datang minta ijin untuk ibadah dan lain sebagainya. Tapi prinsip kita kalau mereka tunduk dan taat pada asas itu ya itu mengakui Pancasila dan UUD 45, kita akan izinkan,” kata Paulus.

“Tapi kan dalam hari-hari mereka tidak mengakui itu dan itu pasti kami tolak dan kami larang,” pungkasnya.

Leave a comment

Search

Back to Top