Polri Pastikan Tak Ada Perayaan HUT OPM

Polri Pastikan Tak Ada Perayaan HUT OPM

Hankam No Comments on Polri Pastikan Tak Ada Perayaan HUT OPM

BeritaMonas.com – Polri mengatakan Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menegaskan tidak ada perayaan hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (HUT OPM) pada 1 Desember. Berdasarkan patroli siber, Polri menuturkan ada ajakan untuk merayakan HUT OPM.

“Saya kira pernyataan Kapolda Papua itu sudah sangat tepat menegaskan bahwa tanggal 1 Desember itu tidak ada kegiatan-kegiatan perayaan,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2019).

Asep menjelaskan, bila berkeras merayakan, masyarakat diimbau untuk menghormati aturan yang berlaku. Namun ajakan lewat dunia maya untuk memperingati HUT OPM tak signifikan.

“Sementara ini kita monitor berdasarkan patroli siber memang ada ajakan-ajakan, tetapi sekali lagi juga pihak kepolisian memberikan sebuah imbauan-imbauan tadi, apabila memang dilaksanakan tentunya harus menghormati dari berbagai nilai,” ujar Asep.

“Sekali lagi itu tidak signifikan, ajakan dalam rangka membuat perayaan tanggal 1 Desember,” tegas Asep.

Ditanyai soal ada-tidaknya penambahan pasukan, Asep menjawab TNI-Polri hanya memberdayakan pasukan yang ada Papua. “Normal saja, kekuatan yang ada di sana diberdayakan,” ucap dia.

Polisi memastikan keamanan warga Papua untuk tetap pergi ke gereja pada Minggu, 1 Desember 2019, meskipun bertepatan dengan hari lahir OPM. Di hari itu pula Kapolri Jenderal Idham Azis berada di tanah Papua.

“Ya hari Minggu itu (1 Desember 2019). Saudara-saudara kita yang mayoritas di Papua Kristiani ya silakan beribadah,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal kepada wartawan di Skouw, Jayapura, Papua, Rabu (27/11).

Kamal menyampaikan, patroli keamanan tetap dilakukan pada hari itu. Warga Papua lain yang tidak ke geraja pun dipastikan Kamal tetap dijaga keamanannya.

“Jadi tidak ada halangan, aparat kepolisian tetap melakukan pengamanan, patroli dan sebagainya,” kata Kamal.

Saat ini Kapolri tengah melakukan kunjungan kerja di Papua bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Pada Minggu, 1 Desember itu, Kapolri direncanakan mengunjungi sejumlah tempat di Papua.

Leave a comment

Search

Back to Top