Soal Peningkatan SDM, Jokowi: Unicorn RI Ekspansi ke ASEAN

Soal Peningkatan SDM, Jokowi: Unicorn RI Ekspansi ke ASEAN

Ekonomi No Comments on Soal Peningkatan SDM, Jokowi: Unicorn RI Ekspansi ke ASEAN

BeritaMonas.com – Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan para menteri akan rencana pemerintah untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM) secara besar-besaran. Hal ini untuk mendukung memperkuat ekspansi dan ekspor di sektor jasa.

Jokowi mengatakan penguatan SDM ini juga mendukung startup unicorn dan decacorn yang sudah melebarkan sayap ke luar negeri. Unicorn adalah startup bervaluasi di atas US$1 miliar sementara decacorn adalah startup bervaluasi di atasu US$10 miliar.

“Saya minta penguatan SDM secara besar-besaran dalam memperkuat ekspansi dan ekspor di sektor jasa. Jangan lupa kita punya unicorn dan decacorn yang juga merambah ke luar negeri,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas (Ratas) di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/11/2019).


Asal tahu saja Indonesia memiliki satu decacorn yakni Gojek. Selanjutnya unicorn ada empat. Yaitu, Bukalapak, Tokopedia, OVO dan Traveloka. Gojek sudah melebarkan sayapnya ke Singapura, Vietnam dan Thailand. Sementara Traveloka sudah masuk ke Asia Tenggara dan Australia.

Penguatan SDM memang menjadi program utama Jokowi. Salah satunya melalui Program kartu Pra Kerja. Ini merupakan program untuk mereka yang baru lulus sekolah yang disiapkan untuk menghadapi dunia kerja. Program ini dalam bentuk pelatihan.

Peningkatan kualitas SDM juga dilakukan dengan menunjuk Nadiem Makarim sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan. Nadiem punya tugas untuk menyiapkan anak-anak muda Indonesia memiliki kemampuan yang sesuai dengan dunia kerja.

Leave a comment

Search

Back to Top