PNG: Kami Akui Papua dan Papua Barat Bagian Indonesia

PNG: Kami Akui Papua dan Papua Barat Bagian Indonesia

Sosial Budaya No Comments on PNG: Kami Akui Papua dan Papua Barat Bagian Indonesia

BeritaMonas.com – Papua Nugini (PNG) tegaskan tetap dukung Papua dan Papua Barat sebagai bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal itu disampaikan anggota Komisi I DPR RI Satya Widya Yudha yang diterima Menteri Luar Negeri PNG, Soroi Marrepo.

Satya mengaku Menteri Soroi menegaskan langsung kepadanya sikap tersebut, terutama berkaitan dengan aksi rusuh di kedua provinsi paling timur Indonesia tersebut.

“Menteri Luar Negeri Papua Nugini secara langsung menegaskan sikapnya, bahwa pemerintahannya selalu mendukung Papua dan Papua Barat adalah bagian dari NKRI. Itu clear, disampaikan langsung kepada kami delegasi DPR RI,” kata Satya dalam keterangan tertulisnya yang dikutip, Senin 16 September 2019.

Dalam pertemuan yang berlangsung sangat akrab di Kementerian Luar Negeri Papua Nugini tersebut, Satya ditemani anggota Komisi I DPR lainnya Evita Nursanyanti dari Fraksi PDI Perjuangan serta Sukamta dari FPKS serta didampingi Duta Besar RI untuk Papua Nugini Andriana Supandi.

Menteri Soroi juga menegaskan aksi unjuk rasa masyarakat Papua Nugini yang mendukung referendum Papua dan Papua Barat untuk berpisah dengan NKRI, bukan sikap pemerintahnya.

Pertemuan tersebut juga menyinggung peningkatan kerja sama bilateral pemerintahan dan parlemen kedua negara.

Leave a comment

Search

Back to Top