CPNS Radikal Mulai Disaring Pemerintah pada Tahap Ini

CPNS Radikal Mulai Disaring Pemerintah pada Tahap Ini

Sosial Budaya No Comments on CPNS Radikal Mulai Disaring Pemerintah pada Tahap Ini

BeritaMonas.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, penyaringan calon pegawai negeri sipil (CPNS) radikal dimulai dari computer assisted test (CAT). Menurut Tjahjo, pemerintah sudah menyiapkan berbagai pertanyaan yang terkait dengan ancaman bangsa.

“Termasuk masalah ancaman bangsa, yang berkaitan dengan radikalisme, terorisme, narkoba. Itu saya kira ancaman bangsa,” ujar Tjahjo, di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (7/11).

Dalam seleksi CAT, CPNS juga harus menjawab sejumlah pertanyaan terkait wawasan kebangsaan dan Pancasila. Formasi CPNS yang dibuka, lebih untuk tenaga profesional, khususnya untuk kesehatan dan pendidikan.

“Ada sekian persen soal-soal tertulis yang disiapkan oleh Kemendikti, perguruan tinggi,” tambah dia.

Ia menjelaskan, radikalisme harus diwaspadai dari berbagai aspek termasuk ASN. Sehingga, dapat mencegah adanya perpecahan yang dapat terjadi karena adanya paham radikalisme di masyarakat Indonesia yang memang sangat beragam.

“Silakan orang berhak untuk berserikat, berpartai dan berormas. Orang berhak untuk melakukan ibadah sesuai agama dan keyakinannya masing-masing. Tapi harus kita cegah yang bisa memecah bangsa,” kata Tjahjo.

Sementara itu, untuk ASN aktif, katanya, bukan berarti tidak ada pencegahan. Yang mana, ada tim yang disiapkan untuk melakukan monitor terhadap ASN di seluruh Indonesia.

“Pekerjaan rumahnya satu, harus tegak lurus pada Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, itu saja untuk melayani semua masyarakar yang beragam,” ujarnya.

Leave a comment

Search

Back to Top