Lima Tantangan Bangun Jalan Tol Di Periode II Joko Widodo

Lima Tantangan Bangun Jalan Tol Di Periode II Joko Widodo

Sosial Budaya No Comments on Lima Tantangan Bangun Jalan Tol Di Periode II Joko Widodo

BeritaMonas.com – Setelah menjadikan jalan tol sebagai salah satu programĀ  infrastruktur prioritas pada periode pertama, pemerintah kembali menjadikan sektor ini sebagai salah satu prioritas di periode kedua.

Dalam kurun lima tahun ke dapan, sepanjang 2.500 kilometer jalan tol akan dibangun di sejumlah wilayah Tanah Air. 

Menurut Wakil Ketua KADIN bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa, ada lima tantangan di dalam pembangunan jalan tol.

Pertama yaitu pembebasan tanah yang selalu menjadi isu utama saat sebelum konstruksi dimulai. 

Sebab, tanpa adanya pembebasan tanah, pembangunan jalan tol tidak akan dapat dilaksanakan. 

“Kedua adalah pendanaan. Pendanaan tol yang tidak sedikit membutuhkan sumber pembiayaan yang besar supaya tol dibangun secara simultan. Karena kalau terpotong-potong akan membuat jalan ini tak bisa dilewati secara maksimal,” kata Erwin di Menara KADIN, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

“Kendalanya adalah pengusaah tol saat membuat perencanaan selalu meleset karena lahannya tidak sesuai harapan yang diinginkan,” imbuhnya. 

Ketiga, pemerintah tidak bisa menjamin lalu lintas harian rata-rata (LHR), sehingga hal itu menjadi risiko pelaku usaha. 

Selanjutnya, jalan tol tidak hanya harus menjadi kunci konektivitas, tetapi juga menjadi pembangkit untuk pengembangan kawasan perekonomian baru, mulai dari industri hingga perumahan. 

Selain itu, jalan tol juga harus berfungsi memindahkan kawasan padat seperti di Jabodetabek ke daerah lain yang masih tertinggal dan membutuhkan investasi besar. 

“Jadi, bangun jalan tol tak sekedar bangun tolnya tapi bangun kawasannya. Tanpa perencanaan baik saat bangun kawasannya, tanahnya akan melonjak naik. Jadi, di samping bangun tol, bangun kawasan ekonominya,” pungkas Erwin.

Leave a comment

Search

Back to Top