Kunjungi Korban Gempa Ambon, Jokowi: Nanti yang Rusak Berat Akan Dibantu Rp 50 Juta

Kunjungi Korban Gempa Ambon, Jokowi: Nanti yang Rusak Berat Akan Dibantu Rp 50 Juta

Ekonomi No Comments on Kunjungi Korban Gempa Ambon, Jokowi: Nanti yang Rusak Berat Akan Dibantu Rp 50 Juta

BeritaMonas.com – Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua mengungkapkan bahwa pemerintah pusat akan membantu pembangunan bandara di Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Adapun pembangunan bandara ini akan dimanfaatkan sebagai pendukung sektor pariwisata di daerah tersebut.

Permintaan ini disampaikan Abua saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan ke Ambon pada Minggu (28/10/2019).

“Saat rapat terbatas dengan Bapak Presiden, saya sudah usulkan agar pemerintah bisa membangun bandar udara di Banda,” kata Abua kepada Kompas.com, Rabu (30/10/2019).

Sebagai informasi, usai melakukan kunjungan kerja di Provinsi Papua dan Papua Barat, Jokowi didampingi Iriana Joko Widodo langsung melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Maluku.

Dalam kunjungan kerja ini, Presiden Jokowi dijadwalkan meninjau lokasi pengungsian warga yang terdampak bencana alam gempa bumi yang melanda warga Ambon beberapa waktu lalu.

Sebelumnya Jokowi sudah mendapatkan laporan secara detail dari Gubernur Maluku dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait jumlah rumah dan fasilitas umum yang rusak akibat gempa Ambon.

“Kurang lebih 12.300-an rumah yang rusak dan rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan, ini yang telah teridentifikasi,” kata Jokowi, Selasa (29/10/2019), dilansir dari laman setkab.go.id.

Untuk itu Jokowi langsung berkoordinasi dengan Kementerian PU terkait pembangunan rumah warga yang terkena dampak gempa agar segera dibangun kembali.

Namun untuk pembangunan rumahnya, Jokowi berharap pembangunan kembali rumah warga segera dikerjakan sebagaimana dilakukan pemeritah di Nusa Tenggara Barat (NTB).

”Yang jelas konstruksinya akan diarahkan oleh Kementerian PU konstruksi yang tahan gempa, ya,” ujarnya.

Mengenai transfer dana bantuan bagi warga terdampak gempa, Jokowi meyakinkan akan segera dilakukan seperti pemerintah di NTB.

“Memang tidak mudah dalam pengerjaan di lapangan tetapi model seperti di Nusa Tenggara Barat saya kira bisa kita pakai di sini,” pungkasnya.

Selain pembangunan kembali rumah warga, Jokowi juga menyampaikan pemberian bantuan kepada masyarakat korban gempa di Ambon baik yang rumahnya rusak berat, rusak sedang maupun rusak ringan.

“Nanti yang rusak berat akan dibantu Rp50 juta, yang rusak sedang Rp25 juta, yang rusak ringan hanya retak dikit-dikit Rp10 juta,” kata Jokowi, dilansir dari laman setkab.go.id.

Rupanya besaran bantuan ini sama dengan bantuan yang diberikan pemerintah ke daerah lain seperti Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Palu (Sulawesi Tengah).

“Kalau ditanya cukup atau tidak cukup, ini terserah bapak-ibu semuanya. Yang penting yang kita lihat di NTB, di Palu dengan anggaran yang ada, ini rumah saya lihat di NTB itu sudah hampir selesai,” terang Jokowi.

Namun untuk pembangunan kembali infrastrukturnya masih menunggu hingga gempa mereda.

“Yang kedua, kita juga sedikit menunggu agar gempanya itu reda. Ya,” terang Jokowi.

Leave a comment

Search

Back to Top