Papuan Youth Creative Hub, Pusat Pengembangan Startup di Jayapura

Papuan Youth Creative Hub, Pusat Pengembangan Startup di Jayapura

Sosial Budaya No Comments on Papuan Youth Creative Hub, Pusat Pengembangan Startup di Jayapura

BeritaMonas.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Silicon Valley Indonesia timur di Papua saat kunjungannya ke Bumi Cendrawasih, Senin, 28 Oktober 2019.

Jokowi sebelumnya menerima 23 tokoh pemuda Papua di Istana Negara pada 11 September 2019. Dalam kesempatan itu, ia menyatakan akan mendukung pembangunan dan inovasi anak muda Papua dengan tujuan kreativitas dan teknologi untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat Papua dan Indonesia.

Kepala Negara kemudian mengunjungi Jayapura saat peringatan sumpah pemuda dengan meluncurkan Papuan Youth Creative Hub di Jayapura. Pusat pengembangan ini akan dikelola PT Papua Muda Inspiratif yang didirikan 21 pemuda asli Papua dari 7 wilayah adat, yang memiliki usaha, ataupun kegiatan sosial di bidang yang berbeda.

“Seharusnya space-space seperti ini sudah ada dari dulu untuk menciptakan banyak pelaku usaha berbasis teknologi dan inovasi di tanah Papua,” ujar salah satu Direktur PT Papua Muda Inspiratif Neil Aiwoy.

Direktur PT Papua Muda Inspiratif, Billy Mambrasar, yang saat ini menjabat Duta Pembangunan Berkelanjutan Indonesia berkesempatan langsung berbincang dan mempresentasikan rencana strategis perusahaannya dengan Jokowi.

Pusat pengembangan startup, teknologi, dan bisnis ini akan dibangun di Jalan Vim, wilayah Kotaraja, Jayapura, dengan luas tanah sebesar 1,5 hektare. Nantinya di atas lahan tersebut akan dibangun sebuah pusat pengembangan kreativitas, bisnis, bakat dan inovasi seluas 6,000 m2 yang terdiri dari ruangan-ruangan untuk belajar tentang bisnis, teknologi internet, pemprograman, dan dasar-dasar pengembangan start up, serta asrama untuk menampung sekitar 100 pemuda dan pemudi yang akan mengikuti program belajar bisnis selama 1-2 bulan.

Di dalam pusat pengembangan kreativitas dan bisnis start-up ini, akan diselenggarakan berbagai kegiatan pengembangan diri, untuk melengkapi keahlian berbisnis seperti disebutkan di atas, termasuk di dalamnya komunikasi, kepemimpinan, dan dasar-dasar manajemen.

Leave a comment

Search

Back to Top