Kapolda Papua: Perusuh Wamena Kelompok Terorganisasi

Kapolda Papua: Perusuh Wamena Kelompok Terorganisasi

Sosial Budaya No Comments on Kapolda Papua: Perusuh Wamena Kelompok Terorganisasi
BeritaMonas.com – Kepala Kepolisian Daerah Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, membantah pelaku rusuh di Wamena dilakukan oleh masyarakat. Menurutnya, kerusuhan yang terjadi pada Selasa (23/9), dilakukan oleh kelompok yang terorganisir.
“Saya mau luruskan bahwa kejadian ini bukan dilakukan oleh masyarakat, tetapi kelompok tertentu yang terorganisir dan sudah lama ingin menyatakan ketidakpuasan terhadap bangsa ini,” kata Paulus di Rindam XVII Cederawasih, Ifar Gunung, Sentani, Kabupaten Jayapura, usai mengunjungi pengungsi pada Kamis (3/10).
Paulus berharap setiap orang yang berdomisili di luar Papua dapat memahami permasalahan ini. “Tidak usah melakukan reaksi yang berlebihan, karena terkait kelompok tersebut sedang ditangani oleh kepolisian,” ujarnya.
Paulus menyebutkan beberapa pelaku kerusuhan sudah ditangkap polisi dan sedang diproses. “Kami akan melakukan upaya penegakan hukum terhadap mereka-mereka (pelaku) yang melakukan perbuatan itu,” kata Paulus.
Sementara itu, untuk kompensasi kepada korban rusuh, Paulus bilang, akan ditangani oleh pemerintah daerah dan juga pihak-pihak yang bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Papua yang warganya menjadi korban.
“Saat ini pemulihan terus dilakukan, sinergitas terus dijalankan, untuk bagaimana menyelesaikan masalah dengan rehabilitasi, rekonstruksi dan lain-lain, terutama pemulihan trauma agar lebih reda dan masyarakat lebih tenang,” jelasnya. (Raka)

Leave a comment

Search

Back to Top