Wiranto: Benny Wenda Minta KKB Serang Pendatang di Wamena

Wiranto: Benny Wenda Minta KKB Serang Pendatang di Wamena

Sosial Budaya No Comments on Wiranto: Benny Wenda Minta KKB Serang Pendatang di Wamena

BeritaMonas.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menyebut Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda telah menginstruksikan kelompok bersenjata di Papua khususnya di Wamena melakukan penyerangan terhadap pendatang di daerah tersebut.

Benny, kata Wiranto, telah menginstruksikan kelompok KKB agar membuat kerusuhan dan melakukan aksi provokasi di daerah Wamena.

“Mereka (KKB) itu kan dapat instruksi langsung dari Benny Wenda untuk menyerang pendatang dan lakukan kerusuhan di kota-kota,” kata Wiranto di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat (4/10).

Serangan yang terjadi selama beberapa waktu di Wamena memang dilakukan oleh kelompok bersenjata. Wiranto juga menyebut pihak kepolisian dipastikan akan segara menjelaskan hal tersebut dan hingga saat ini aparat masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku perusuh ini.

“Nanti kepolisian yang akan jelaskan ya. Sedang terus kejar siapa yang melakukan aksi-aksi seperti ini. Aksi provokasi dan sebagainya. Tapi serangan-serangan itu kan kemarin dilakukan oleh KKB, kelompok bersenjata mereka,” kata dia.

Untuk saat ini Wiranto menyebut pemerintah tengah fokus menyembuhkan rasa traumatis yang ada dalam diri masyarakat yang terdampak langsung kerusuhan di Wamena.

Dia juga memastikan akan terus memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat yang dilakukan baik oleh pemerintah, tokoh adat papua hingga para tetua adat di sana.

Dia juga berharap agar tak lagi terjadi perpindahan besar-besaran yang dilakukan oleh masyarakat di Wamena lantaran trauma kerusuhan yang terjadi di tempat tinggal mereka.

“Yang terpenting adalah kita segera bisa menetralisir trauma itu menjamin keamanan masyarakat kemudian juga ada jaminan dari para tokoh-tokoh adat, tetua-tetua adat yang ada di sana agar masyarakat ini tidak pergi ke daerah lain,” katanya.

“Rata-rata masyarakat yang berasal dari Minang dari Sulawesi Selatan ini kan berdagang. Berdagang untuk menyediakan atau memberikan satu kehidupan perekonomian rakyat yang terus bergerak di daerah (Wamena) itu,” katanya.

Leave a comment

Search

Back to Top