Teknik UGM Miliki Posbindu Penyakit tidak Menular

Teknik UGM Miliki Posbindu Penyakit tidak Menular

Sosial Budaya No Comments on Teknik UGM Miliki Posbindu Penyakit tidak Menular

BeritaMonas.com – Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) meresmikan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit tidak Menular. Peresmian dilakukan langsung Dekan Fakultas Teknik UGM, Nizam.

Pembangunan itu menjadi salah satu usaha mempromosikan hidup sehat. Baik kepada seluruh sivitas akademika mulai mahasiswa, karyawan-karyawan maupun dosen-dosen, khususnya di Fakultas Teknik UGM.

Kegiatan perdana itu turut diisi pelaksanaan pemeriksaan kesehatan gratis, konsultasi dan edukasi pola hidup sehat. Selain itu, dilakukan pula pelantikan Duta Health Promotion University (HPU).

Nizam berharap pendirian Posbindu Fakultas Teknik UGM ini dapat mendorong seluruh sivitas akademika untuk menjalani pola hidup sehat. Sehingga, bisa mencegah kemunculan risiko penyakit tidak menular.

“Hal ini sejalan dengan salah satu visi dari FT UGM yaitu mewujudkan sivitas akademika yang sehat dan sejahtera,” kata Nizam.

Ia mengungkapkan, dari hasil tracer study terhadap lulusannya, diketahui tidak sedikit yang gagal diterima kerja karena faktor kesehatan. Karenanya, pihaknya berusaha mendorong pola hidup sehat sejak jadi mahasiswa.

Telah pula dibangun sejumlah fasilitas yang dapat dimanfaatkan masyarakat FT UGM untuk berolahraga. Pembangunan itu guna mendukung penerapan gaya hidup sehat di lingkungan kampus.

Di antaranya, lintasan lari, lapangan basket, lapangan voli, panjat tebing, arena tenis meja dan lain-lain. Selain itu, turut disediakan kantin dengan makanan halal dan sehat, serta bebas asap rokok.

Dr Supriyati mewakili HPU UGM menilai, Posbindu ini merupakan yang pertama diresmikan di UGM. Ia merasa, pendirian itu dilakukan demi mengubah pola hidup sivitas akademikanya ke arah hidup sehat.

“Harapannya, nantinya di setiap fakultas maupun unit kerja di lingkungan UGM ada Posbindu untuk mempromosikan dan mendorong gaya hidup sehat baik secara fisik, mental dan spiritual,” ujar Supriyati.

Pada kesempatan ini, pemeriksaan kesehatan turut meliputi indeks massa tubuh, gula darah, tekanan darah, kolesterol dan asam urat. Nantinya, pemeriksaan kesehatan ini akan dilakukan secara rutin tiap pekan.

Caption: Peresmian Pos Pembinaan Terpadu Penyakit tidak Menular di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada yang turut diisi pemeriksaan kesehatan gratis. Doc: UGM

Leave a comment

Search

Back to Top