Wiranto: Pembangunan Papua Bukan Janji Tapi Dilaksanakan

Wiranto: Pembangunan Papua Bukan Janji Tapi Dilaksanakan

Ekonomi, Sosial Budaya No Comments on Wiranto: Pembangunan Papua Bukan Janji Tapi Dilaksanakan

BeritaMonas.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto menyebut pembangunan infrastruktur di Papua jadi bukti kepedulian pemerintah terhadap wilayah paling Timur RI itu.

Wiranto memberi contoh perubahan pada sarana lapangan udara yang ada di Papua. Menurutnya, kondisi sejumlah bandara yang ada saat ini lebih megah dibandingkan di masa lalu.

Dia mengatakan, ketimpangan yang terjadi di  Papua sejak dulu akibat minimnya akses sarana transportasi guna menjangkau daerah daerah terpencil. Hal itu berdampak pada harga bahan pokok semisal bahan bakar yang bisa mencapai Rp 75 ribu per liter.

“Percepatan pembangunan Papua bukan hanya ngomong, tapi sudah dilaksanakan. Apakah dulu pernah ada harga di Papua sama dengan di Jakarta? Bahan bakar misalnya. Tidak pernah,” kata Wiranto, Senin (2/9).

Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu mengatakan semua pembangunan dilakukan untuk mempermudah masuknya kebutuhan-kebutuhan untuk masyarakat Papua.

Bahkan Wiranto mengatakan Papua menjadi prioritas pembangunan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menjelaskan buktinya dalam setahun Jokowi sudah mengunjungi Papua sebanyak tujuh kali. “Makanya kalau ada informasi (yang dianggap bohong) semacam itu kita abaikan saja, realitasnya bagaimana,” katanya.

Sebelumnya, baik Wiranto maupun Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menuding menuding Ketua Persatuan Gerakan Pembebasan untuk Papua Barat (ULMWP) Benny Wenda berada di balik rusuh di Papua dan Papua Barat baru-baru ini.

Wiranto menyatakan Benny Wenda kerap bepergian ke beberapa negara untuk memberikan informasi yang dianggap palsu soal Papua. Sehingga menimbulkan persepsi internasional bahwa Indonesia menelantarkan Papua.

“Saya kira benar bahwa Benny Wenda bagian dari konspirasi masalah ini. Tapi kami harus lawan dengan kebenaran,” katanya.

Sedangkan Moeldoko juga menyebut Benny kerap bepergian untuk menyebarkan kabar bohong. “Jelas Benny Wenda. Dia mobilisasi diplomasi (dan) informasi yang tidak benar,” kata Moeldoko kepada wartawan.

Leave a comment

Search

Back to Top