Esemka Disebut Mirip Mobil Cina, Luhut: Kurang Kerjaan

Esemka Disebut Mirip Mobil Cina, Luhut: Kurang Kerjaan

Ekonomi, Sosial Budaya No Comments on Esemka Disebut Mirip Mobil Cina, Luhut: Kurang Kerjaan

BeritaMonas.com – Topik kemiripan desain Esemka dengan mobil Cina sampai menjadi trending topic. Entah siapa yang pertama kali menemukan kemiripan itu. Gambar-gambat pembanding berseliweran di media sosial.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan turut berkomentar mengenai tudingan mobil Esemka yang dinilai mirip dengan Changan Star Truck, asal China. Luhut menegaskan, produksi mobil tersebut sepenuhnya dikerjakan dan diproduksi oleh anak bangsa sehingga tidak ada keterkaitannya dengan China.

Luhut justru terheran-heran dengan sikap beberapa pihak yang tidak mendukung keberadaan mobil Esemka. Padahal, keberadaan mobil Esemka sendiri akan menjadi peluang dan menambah nilai perekonomian dalam negeri.

“Kita ini kayak kurang kerjaan saja yang ngomong-ngomong itu, kurang kerjaan. Mobil-mobil Esemka intinya murah dipakai rakyat biasa, mau datang dari bulan, dari mana itu yang penting kan ada di Indonesia,” kata dia saat ditemui di DPR RI, Jakarta, Senin (9/9/2019) dikutip dari Merdeka.com.

Komponen Mobil Esemka

Kendati begitu, dia tak menapik komponen produksi mobil Esemka masih didatangkan dari luar negeri. Namun, hal tersebut tidak menjadi persoalan dikarenakan bagian dari sebuah rantai pasokan yang tak bisa dihindari.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pabrik otomotif karya anak bangsa PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9).

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengomentari peluncuran mobil Esemka yang dilakukan Jokowi hari ini. Menurutnya yang diresmikan bukan mobil nasional.

Esemka yang diresmikan sekarang ini bukan mobil nasional, mungkin mereknya saja kali sama. Kita lihat konten mobil esemka dalam negeri atau mobil yang dibangun di Indonesia. Saya dengar banyak partikel komponennya itu bukan lokal, ucapnya.

Leave a comment

Search

Back to Top