Pemerintah Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Menuntut Ilmu

Pemerintah Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Menuntut Ilmu

Sosial Budaya No Comments on Pemerintah Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Menuntut Ilmu

BeritaMonas.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Kemanan (Menko Polhukam) Wiranto mengaku diminta untuk fokus memberikan rasa aman kepada pelajar dan mahasiswa Papua dan Papua Barat yang menuntut ilmu di luar daerahnya.

Hal itu akan dibahasnya dalam rapat koordinasi yang akan membahas mengenai kondisi dan pengamanan di Provinsi Papua dengan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Budi Gunawan, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Djahjanto.

Wiranto mengungkapkan masyarakat setempat sempat terpengaruh adanya isu perlakukan kesewenang-wenangan terhadap pelajar dan mahasiswa Papua yang sedang menuntut ilmu di luar daerahnya. Alhasil orang tua mereka meminta anak-anaknya untuk pulang.

“Nah isu yang digulirkan yang sampai kepada orang tua di sana. Jadi karena kekhawatiran itu kemudian mereka menarik anak-anak mereka kembali ke Papua,” ujar Wiranto di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019).

Karena itu, pemerintah telah mengklarifikasi pada orang tua mengenai banyaknya isu yang tidak benar atau hoaks. Sehingga, saat ini pelajar dan mahasiswa rencananya akan kembali ke tempat di mana mereka menempuh pendidikan.

“Ya namanya isu, mengelabui jalan pikiran mereka, sehingga mereka ingin kembali ke sekolah, tempat mereka belajar sebelum ditarik ke Papua,” paparnya.

Wiranto dan Panglima TNI juga memastikan akan memfasilitasi pelajar dan mahasiswa untuk kembali ke tempat mereka menuntut ilmu, dan menjamin keamanan mereka selama menempuh pendidikan di luar daerah asalnya.

“Akan dijamin pejabat setempat, kita tempatkan di mana tempat mereka belajar untuk melindungi merawat dan melakukan seperi keluarga-keluarga di daerah mereka,” kata Wiranto.

Leave a comment

Search

Back to Top