Polri Mapping Aktor Intelektual Dibalik Kerusuhan Papua

Polri Mapping Aktor Intelektual Dibalik Kerusuhan Papua

Hankam No Comments on Polri Mapping Aktor Intelektual Dibalik Kerusuhan Papua

 Polri tengah memetakan atau mapping aktor intelektual dibalik aksi massa yang berujung kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, berdasarkan hasil kesimpulan sementara, ada pihak-pihak yang tidak hanya dari dalam negeri. Namun ada juga pihak dari luar negeri yang mengkondisikan agar Papua rusuh.

Polri masih mapping pendalaman aktor intelektual dibalik kerusuhan tersebut,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2019).

Pihak luar dikatakan Dedi, mempunyai kepentingan, dengan target untuk agenda-agenda internasional seperti sidang HAM PBB pada 9 September mendatang di Jenewa, Swiss, dan pada 23 sampai 24 September ada Sidang Umum PBN di New York. Mereka desain kerusuhan Papua untuk agenda Internasional.

“Agenda setting itulah yang akan mereka desain memunculkan isu-isu Papua, isu tentang HAM, isu kerusuhan, isu rasisme, itu diangkat kelompok tersebut,” ujar Dedi.

Padahal, dalam sidang-sidang tersebut sama sekali tidak mengagendakan aksi kerusuhan di Papua.

Dedi mengatakan, Polri tidak mau terburu-buru, pasalnya dalam penyelidikan Polri memiliki prinsip kehati-hatian karena harus sesuai dengan fakta hukum yang ada.

“Dan tentunya nggak sendiri melibatkan stakeholder terkait, seperti Kementerian Luar Negeri dan berbagai macam pihak yang mendukung terhadap penegakan hukum,” tuturnya.

Leave a comment

Search

Back to Top