Polri: Isu Papua Ingin Dibawa ke Forum Internasional

Polri: Isu Papua Ingin Dibawa ke Forum Internasional

Hankam No Comments on Polri: Isu Papua Ingin Dibawa ke Forum Internasional

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan ada andil pihak luar negeri dalam kerusuhan Papua. Menurut Dedi, ada yang ingin membawa situasi Papua menjadi isu internasional.

“Yang mendesain ini tidak hanya di dalam negeri tapi luar negeri juga, karena targetnya mereka agenda internasional, kata Dedi di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat 6 September 2019.

Menurut Dedi, polisi mengendus informasi kalau kasus Papua ingin dibahas dalam forum rapat Komisi Hak Asasi Manusia (HAM) organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa, Swiss pada 9 September 2019. Selain itu, kasus Papua juga direncanakan masuk dalam sidang umum PBB di New York, pada 23-24 September mendatang.

“Agenda setting itulah yang akan mereka desain memunculkan isu-isu Papua, kerusuhan, dan rasisme, meski (secara resmi) tidak ada agenda tersebut,” ujarnya.

Dedi menambahkan, dalang kerusuhan juga ingin memanfaatkan agenda nasional hingga 1 Desember. Tanggal itu bertepatan dengan pengibaran bendera bintang kejora saat Papua Barat merdeka atas Belanda pada 1961. “Itu harus diantisipasi secara maksimal,” tegas Dedi.

Sayangnya, Dedi tak memerinci pihak luar negeri mana yang ingin internasionalisasi isu Papua. Kepolisian masih mendalami hal tersebut.

Yang jelas, dia meminta tokoh masyarakat dan tokoh agama di Papua mengantisipasi agenda tersebut. Itu untuk mencegah penyebaran agenda oleh dalang kerusuhan.

Jenderal bintang satu itu menyebut kepolisian tidak akan terburu-buru dan teliti melakukan penyidikan. Kepolisian, kata dia, akan bekerja sama dengan instansi terkait seperti Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Dedi itu menegaskan akan mengungkap secara tuntas kerusuhan Papua. Penuntasan kerusuhan diyakini mencegah hal serupa terjadi di masa mendatang.

Leave a comment

Search

Back to Top