Jadi Pusat Festival 3 Gunung, Bupati Lembata Fokus Kembangkan Lokasi Bukit Cinta dan Lamalera

Jadi Pusat Festival 3 Gunung, Bupati Lembata Fokus Kembangkan Lokasi Bukit Cinta dan Lamalera

Ekonomi, Sosial Budaya No Comments on Jadi Pusat Festival 3 Gunung, Bupati Lembata Fokus Kembangkan Lokasi Bukit Cinta dan Lamalera

BeritaMonas.com – Pemkab Lembata mulai serius mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2020 yang mencapai Rp100 miliyar.

Sektor-sektor prioritas yang akan digenjot demi melampauai target ini adalah sektor pertanian, perikanan, dan sektor pariwisata. Ketiga sektor ini akan jadi pemicu untuk pertumbuhan sektor lainnya dengan pariwisata sebagai penggerak utama.

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur dalam pidatonya saat upacara HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kantor Bupati, Sabtu (17/8/2019) mengungkapkan pemerintah giat melakukan inovasi, promosi dan pengembangan destinasi pariwisata melalui proyek pembangunan strategis dan prioritas pada titik-titik daya tarik wisata berbasis masyarakat. Pemerintah juga akan mengembangkan konsep digital tourism dengan E-Money dan E-Ticketing.

Lebih lanjut, dia menjelaskan sejalan dengan pembangunan pariwisata Pemprov NTT dan Pemerintah pusat, Pemkab Lembata juga akan menjadikan Lamalera sebagai titik destinasi branding. Kawasan wisata integrasi Bukit Cinta Lembata seluas 500 hektare juga akan dikembangkan menjadi sebuah city branding. Adapun fasilitas di kawasan ini yaitu pusat cinderamata, pasar UKM, ampiteater, tribun dan panggung, taman dan wahana bermain, ruang 3 dimensi, taman binatang, monumen pledang, wisata edukasi, teras view point, hiking, pelataran sunset, taman semut, area parkir dan rest point, bukit jomblo, bukit susu, bukit doa, wolor beach watomiten, bukit literasi, pantai benawa dan pantai kwakak.

Pemerintah juga gencar melakukan promosi wisata melalui media sosial dan kegiatan festival tahunan yang puncaknya adalah Festival 3 Gunung yang di dalamnya mencakup Festival Sole Oha, atraksi kolosal soka leu, dan tarian beku, NTT Fashion Festival, atraksi paralayang, lomba dan atraksi payung tradisional Lembata, atraksi tinju tradisional hadok, serta atraksi lainnya dengan eksploitasi keunikan dan keindahan Lembata.

Dijelaskannya, Festival 3 Gunung telah menjadi branding event dengan tagar Lembata Truly Heaven. Rangkaian Festival tahunan ini sudah dimulai pada saat Festival Guti Nale di Desa Pasir Putih Mingar, Kecamatan Nagawutung dan berakhir pada Expo Budaya Uyelewun Raya pada Oktober 2019. (*)

Leave a comment

Search

Back to Top