ICMI Berkomitmen Menjaga Keutuhan Bangsa pascapilpres

ICMI Berkomitmen Menjaga Keutuhan Bangsa pascapilpres

Sosial Budaya No Comments on ICMI Berkomitmen Menjaga Keutuhan Bangsa pascapilpres

BeritaMonas.com – Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie mengajak semua pihak untuk kembali berangkulan usai Pemilu 2019. Sebab, kini tak ada lagi 01 dan 02

Dirinya meminta masyarakat melupakan perbedaan saat pemilu dan kembali merajut persatuan.

“Mudah-mudahan sesudah pemilihan presiden kita sudah tahu hasilnya. 01 dan 02 sudah selesai tinggal sekarang 00 dan 03. Artinya, ya sudah kita saling memaafkan, saling melupakan yang sudah terjadi dan kita bersatu,” ujar Jimly Asshiddiqie kepada wartawan, Sabtu (6/7).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menyebut alangkah baik momen Idul Fitri dijadikan ajang untuk merajut persatuan.

“Silahturahmi ini kita maknai secara lebih luas untuk menjaga dan merawat persatuan kebangsaan kita. Hasil pemilihan umum kemarin harus kita jadikan bahan pelajaran yang sungguh-sungguh,” ungkapnya.

Jimly uga berharap tetap ada dua kelompok dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya, selama keduanya berfungsi dengan baik, hal itu sangat dibutuhkan untuk keseimbangan dalam sistem demokrasi.

BACA JUGA: Pendukung Jokowi Tantang Habib Rizieq dan Amien Rais Mubahalah

“Oleh karena itu, mari kita saling menghargai satu dengan yang lain dan bilamana diperlukan mari kita rawat itu supaya sistem kebangsaan kita ini, “jelas Mantan Ketua MK ini.

“Biar saja ada dua kelompok selama keduanya berfungsi dengan baik, check and balances dalam sistem demokrasi kita akan semakin mendewasakan kehidupan kebangsaan,” kata Jimly. (Knu)

Leave a comment

Search

Back to Top