Penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019

Penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019

Sosial Budaya No Comments on Penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019

BeritaMonas.com – Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) merupakan ajang untuk menggelorakan dan mensosialisasikan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera.

Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diselenggarakan setiap tanggal 29 Juni.

Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.

Keluarga sebagai soko guru bangsa, keluarga sebagai wadah utama dan pertama dalam membina anak-anak.

Peringatan Harganas telah dilaksanakan selama 26 tahun, untuk tahun 2019 ini dilaksanakan di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Sama halnya dengan tahun sebelumnya, tema peringatan Harganas XXVI Tahun 2019 ini adalah “Hari Keluarga: Hari Kita Semua”, dengan tagline “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”.

Melalui tema dan tagline tersebut diharapkan dapat mendekatkan dan meningkatkan kembali interaksi antara anggota keluarga.

Dimana, salah satunya terwujud dalam “Gerakan Kemballi ke Meja Makan” sebagai satu dari beberapa kegiatan yang digalakkan dalam momentum Harganas XXVI Tahun 2019.

Secara garis besar, peringatan Harganas XXVI memiliki tujuan umum dalam meningkatkan peran serta pemerintah, mitra kerja, swasta, masyarakat dan keluarga tentang pentingnya penerapan delapan fungsi keluarga secara optimal, yang meliputi agama, social budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, serta lingkungan.

Penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional XXVI 2019 erat kaitannya dengan penerapan empat pendekatan Ketahanan Keluarga, diantaranya Keluarga Berkumpul (dengan meluangkan waktu antar keluarga tanpa disibukkan dengan gawai, televisi, atau alat elektronik lainnya), Keluarga Berinteraksi (dimana semua anggota keluarga meluangkan waktu berkumpul dan saling bercengkrama), Keluarga Berdaya (dimana semua anggota keluarga dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk tidak bergantung pada pihak lain), serta Keluarga Peduli dan Berbagi (suatu kegiatan dimana keluarga yang lebih mampu memiliki kepedulian untuk berbagi kepada orang lain).

Dalam penyelenggaraan rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI Tahun 2019 ini, telah dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan sebagai berikut:

  • Seminar Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dan Pameran dalam rangka Harganas XXVI dengan mengundang organisasi-organisasi yang menangani kelanjutusiaan di Indonesia.
  • Mudik Bersama Masyarakat Peserta KB, penyelenggaraan Harganas XXVI yang berdekatan dengan momentum Idul Fitri, maka program mudik gratis ini diselenggarakan kembali seperti tahun sebelumnya. Program ini sendiri bertujuan sebagai upaya menerapkan empat pendekatan Ketahanan Keluarga.
  • Pasar Murah Ramadhan yang bekerjasama dengan Perum Bulog dan beberapa kelompok UPPKS yang ada di DKI Jakarta untuk  menjual barang-barang produksinya seperti kue kering, minuman, ataupun pakaian dan kerajinan.
  • Pelayanan Kesehatan dan KB untuk mendorong peningkatan kemandirian masyarakat dalam memenuhi Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR).
  • Damai Indonesiaku di Masjid Azz-Zurriyah BKKBN Pusat bekerjasama dengan TVOne (siaran langsung);
  • Upacara peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019, tanggal 28 Juni 2019 dilaksanakan serentak di Kantor BKKBN/ Kantor Gubernur di seluruh Indonesia;

dan beberapa rangkaian yang akan dilaksanakan di Kalimantan Selatan, diantara:

  • Seminar-seminar mengenai Kesehatan Reproduksi, Keluarga, dan Remaja
  • Sosiasliasi Program Pengendalian Penduduka bagi Generasi Muda
  • Parade KIE Susur Sungai
  • Pameran dan Gelar Dagang
  • Penyerahan Penghargaan Kesatuan Gerak PKK KB Kes
  • Aksi GenRe Kalimantan Selatan : Promosi Pendewasaan Usia Perkawinan
  • Penyematan Tanda Kehormatan dan Tanda Penghargaan Bidang KKBPK Tahun 2019 pada Gala Dinner
  • Puncak Peringatan HARGANAS XXVI Tahun 2019 pada tanggal 6 Juli 2019 di Kantor Pemerintahan Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru, Provinsi Banjarbaru yang direncanakan akan dihadiri Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo.

Melalui penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019 ini, Sekretaris Utama BKKBN, Nofrijal, SP, MA berharap dapat menjadi momentum dan kesempatan untuk menjadi stimulus dalam mewujudkan visi dan misi BKKBN.

Selain itu, rangkaian kegiatan ini dapat meningkatkan komitmen dan sinergitas antara BKKBN dan mitra kerja lainnya dalam mendukung keberhasilan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.(*)
Editor: Content Writer

Leave a comment

Search

Back to Top