Hari Keluarga Nasional 2019, Yuk Rutin Telepon Orang Tua !

Hari Keluarga Nasional 2019, Yuk Rutin Telepon Orang Tua !

Sosial Budaya No Comments on Hari Keluarga Nasional 2019, Yuk Rutin Telepon Orang Tua !

BeritaMonas.com – Hari Keluarga Nasional yang jatuh setiap 29 Juni 2019 bisa menjadi momen tepat untuk mengingatkan kembali penting menjaga komunikasi dan komunikasi antaranggota keluarga. Terlebih jika satu sama lain tinggal di rumah yang berbeda, karena pendidikan atau pekerjaan.

Tinggal di tempat yang berbeda, tentu akan mempengaruhi frekuensi pertemuan bahkan komunikasi anak dengan orang tua. Apalagi ditambah dengan padatnya aktivitas yang harus di jalani, baik oleh orang tua maupun Anda sendiri.

Padahal, sekadar menelepon atau berkirim pesan singkat akan sangat membahagiakan hati orang tua dan Anda. Dan, tahukah Anda bahwa anak yang jarang berkomunikasi dengan orang tua akan membuatnya kesepian. Sedangkan anak yang rutin berkomunikasi dengan orang tua, baik lewat telepon maupun pesan singkat ternyata bisa membuat panjang umur lho!

Ini dibuktikan dari hasil studi yang dilakukan peneliti California. Mengutip Hello Sehat yang dilansir dari laman Independent, berdasarkan penelitian dari University of California yang melibatkan sekitar 1.600 orang tua dengan usia rata-rata 71 tahun menunjukkan, bahwa orang tua yang terus-menerus merasa kesepian cenderung memiliki umur yang lebih pendek, dibandingkan dengan orang tua yang mendapatkan curahan perhatian dari anak dan keluarga, serta di keliling oleh banyak teman.

Para peneliti menyimpulkan, ini dikarenakan oleh adanya rasa kesepian yang terus menyelimuti diri orang tua. Dilanda rasa kesepian memang bukan hal yang mudah, bahkan kesepian yang berlangsung dalam waktu lama bisa memperburuk kondisi kesehatan seseorang.

Kesepian Bisa Pengaruhi Emosi
Perlu Anda ketahui, bahwa kesepian bisa memengaruhi perubahan emosi dalam tubuh yang kemudian memicu timbulnya stres. Berbeda dengan stres pada umumnya, jika seseorang mengidap stres karena kesepian maka dapat berlangsung lebih lama dibandingkan stres biasa.

Selain itu, rasa kesepian juga dapat berpengaruh terhadap masalah medis yang akan berujung pada timbulnya depresi, penurunan kognitif, serta memicu penyakit kardiovaskular.
Kondisi-kondisi ini yang disinyalir akan sulit membuat orang tua panjang umur.

Nah, sekarang coba ingat-ingat kembali, sebelum keadaan membuat Anda harus berada jauh dari orang tua. Berapa banyak waktu yang telah Anda dan orang tua lakukan bersama selama bertahun-tahun.

Hal inilah yang kemudian menjadi sebuah kebiasaan, yakni selalu memiliki orang terdekat untuk berbagi cerita maupun keluh kesah setiap harinya.

Nah, bila kemudian setelah berada jauh dari orang tua Anda jarang menelepon atau sekadar menanyakan kabar, akan memberikan dampak besar terhadap kehidupan, kesehatan, bahkan keadaan emosional orang tua Anda.

Solusi terbaiknya, jika Anda ingin membuat orang tua panjang umur adalah dengan tetap menunjukkan perhatian meskipun Anda tidak berada di dekatnya.

Tips Menjaga Kedekatan dengan Orang Tua
Beberapa kiat mudah berikut ini bisa Anda terapkan agar hubungan Anda dan orang tua tetap terjalin erat, meskipun tidak tinggal bersama.

1. Rutin Menanyakan Kabar
Sesibuk apapun Anda, usahakan untuk selalu menanyakan kabar. Jangan jadikan kesibukan sebagai penghalang komunikasi Anda dengan orang tua. Setidaknya sekadar menelepon meskipun hanya sebentar, sudah bisa menyenangkan hati orang tua.

2. Jadwalkan Waktu Bersama Orang Tua
Jika memungkinkan, luangkan waktu beberapa kali dalam seminggu untuk melakukan quality time bersama orang tua. Entah sekadar makan bersama, menonton film bersama, maupun sesi cerita mengenai kegiatan yang Anda dan orang tua lakukan selama satu minggu tersebut.

3. Berikan Dukungan untuk Orang Tua
Dukungan keluarga merupakan hal yang sangat penting, sebab tanpa itu semua mungkin Anda tidak mampu untuk melalui masa-masa baik dan buruk sepanjang hidup Anda. Maka itu, apa salahnya jika sekarang gantian Anda yang mendukung orang tua.

4. Tunjukkan Perhatian Anda
Mungkin ada beberapa keluarga yang bisa menunjukkan perhatian dan kasih sayang dalam bentuk kecupan ringan, pelukan hangat, bahkan saling mengatakan “sayang” kepada satu sama lain.

Tapi tidak harus selalu begitu, Anda tetap bisa menunjukkan perhatian dan kasih sayang terhadap orang tua dengan menjadi anak yang sopan, menghormati, dan bisa menuruti perkataan orang tua dengan baik.

Pada intinya, sejauh apapun Anda melangkah, kini atau nanti, orang tua akan tetap menjadi bagian penting dalam hidup Anda. Untuk itu, tetaplah jaga komunikasi yang baik dengan kedua orang tua Anda.

Dengan empat tips tersebut diharapkan dapat mengingatkan kembali pentingnya menjaga komunikasi dan kebersamaan yang berkualitas dengan keluarga tercinta. Selamat Hari Keluarga Nasional.

Leave a comment

Search

Back to Top