Redam Ketegangan, Jokowi Perlu Rangkul Lawan Politik

Redam Ketegangan, Jokowi Perlu Rangkul Lawan Politik

Politik No Comments on Redam Ketegangan, Jokowi Perlu Rangkul Lawan Politik

BeritaMonas.com – Upaya untuk merangkul lawan politik perlu dilakukan kubu Joko Widodo (Jokowi) untuk meredam ketegangan yang terjadi selama dalam masa perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres). Namun demikian, upaya untuk merangkul tidak mesti diartikan sebagai upaya untuk mengajak bergabung dalam pemerintahan.

Direktur Eksekutif Puskapol Fisip UI Aditya Perdana, menilai, di dalam sebuah negara demokrasi sangat dibutuhkan adanya kelompok oposisi. Oposisi dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan atau check and balances sebuah pemerintahan.

“Dalam konteks pemerintahan yang baik itu perlu dan penting menjaga check and balances oposisi. Saya dalam posisi yang ingin mengatakan bahwa sangat hormat kepada pihak-pihak atau parpol yang tetap berada dalam konteks oposisi,” kata Aditya Perdana, di Jakarta, Senin (10/6).

Namun demikian, dalam perkembangan saat ini dirinya melihat ada dua parpol dari kubu oposisi yang mencoba untuk masuk bergabung dalam pemerintahan. Kedua partai tersebut yakni PAN dan Demokrat.

Kemungkinan bergabungnya parpol oposisi bisa terjadi lantaran dua sebab. Pertama yakni karena memang parpol tersebut berkeinginan untuk bergabung dan kedua yakni kubu Jokowi sendiri masih cukup terbuka untuk menerima kehadiran parpol koalisi.

“Demokrat dan PAN, memang sekarang sedang mereka lakukan (merapat ke kubu Jokowi). Saya pikir menurut saya bukan dari pihak Jokowi yang mendekat, tapi itu kebutuhan dari Demokrat dan PAN untuk mendekat ke kubu Jokowi,” ungkapnya.

Dirinya menuturkan, pada sisi yang lain tentu Jokowi atau kubu 01 merasa ada kebutuhan juga untuk memperluas dukungan terhadap pemerintah. Upaya tersebut semata-mata untuk merangkul parpol yang selama ini memiliki pandangan yang berseberangan dengan pemerintah.

“Tapi meskipun demikian saya rasa langkah yang diambil pemerintah kalau itu memang inisiatif pemerintah juga tidak baik. Karena dalam konteks pemerintahan yang baik itu perlu dan penting menjaga check and balances yang dilakukan oposisi,” katanya.

Leave a comment

Search

Back to Top