Ma’ruf Amin: Dukungan FBR Karena Jokowi Junjung Tinggi Budaya Betawi

Ma’ruf Amin: Dukungan FBR Karena Jokowi Junjung Tinggi Budaya Betawi

Politik No Comments on Ma’ruf Amin: Dukungan FBR Karena Jokowi Junjung Tinggi Budaya Betawi

Beritamonas.com – Forum Betawi Rempug (FBR) mendukung pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Dukungan diberikan lantaran menilai Jokowi peduli dengan masyarakat Betawi dan kecewa dengan kepemimpinan Sandiaga Uno saat menjadi Wakil Gubernur DKI.

Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, sudah sedari awal merasa yakin Jokowi akan didukung warga Betawi. Salah satunya mengeluarkan kebijakan yang memberi ruang untuk suku yang mayoritas berada di Ibu Kota itu.

“Saya kira kalau Betawi itu pasti mendukung Pak Jokowi. Karena apa, karena banyak langkah-langkah Pak Jokowi itu menurut mereka yang menjunjung tinggi Kebetawian. Membangun sanggar Betawi. Kemudian membangun masjid di Jakarta Barat (dengan) ornamen Betawi, terus memasyarakatkan baju Sadariah setiap Jumat di DKI. Itu yang memulai kan Pak Jokowi,” kata Ma’ruf di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (9/3).

Dia menuturkan, apa yang diberikan FBR adalah bentuk apresiasi terhadap Jokowi. Yang selalu memberikan dukungan kepada masyarakat Betawi.

“Pokoknya banyak yang dilakukan oleh Pak Jokowi mengenai menjunjung tinggi budaya-budaya betawi. Karena itu dia ingin memberikan apresiasi pada Pak Jokowi dengan dukungan,” tutur Ma’ruf.

Dia pun menyebut bahwa hari ini bahkan ada deklarasi dukungan FBR terhadap pasangan calon nomor urut 01 di Jakarta Barat.

“Dan hari ini di Jakarta Barat ada deklarasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Forum Betawi Rempug (FBR) mendukung pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Hal itu dinyatakan Ketua Umum FBR, Lutfi Hakim, saat bersilaturahmi ke kediaman Ma’ruf Amin, Jumat (8/3).

Menurut Lutfi dukungan ini akan disampaikan di acara deklarasi pada Minggu (10/3) mendatang.

“Ketika tadi ditanya kenapa FBR mendukung paslon 01, buat kita orang Betawi, melihat sesuatu yang sederhana, simple, logis dan obyektif. Bahwa selama ini Pak Jokowi sudah sangat peduli terhadap masyarakat Betawi,” ujar Lutfi mengungkap alasan mendukung Jokowi-Ma’ruf, di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/3).

Kepedulian Jokowi terhadap Betawi ditunjukkan dalam beberapa hal. Seperti ketika menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, Jokowi mewajibkan pakaian adat Betawi dipakai karyawan Pemda. Pembangunan masjid berornamen Betawi dipenuhi Jokowi. Serta menata Setu Babakan.

Saat telah menjadi presiden pun Jokowi menunjukkan kepedulian dengan adat Betawi dari masih memakai pakaian adatnya di acara kenegaraan. Jokowi tak lupa hadir di perayaan Lebaran Betawi di Setu Babakan. Sampai ada tokoh Betawi dalam mata uang.

“Jadi buat kita tidak ada alasan untuk tidak mendukung pak Jokowi-Kiai Ma’ruf. Dan kami berharap, keduanya bisa melanjutkan pemerintahan ini kembali, aspirasi masyarakat betawi lbh banyak yang diakomodir,” jelas Lutfi.

Ma’ruf mengaku dekat dengan warga Betawi karena lama tinggal di Jakarta sampai berkarir sebagai anggota dewan daerah. Mustasyar PBNU itu mengapresiasi dukungan tersebut karena berpotensi menambah elektabilitas.

“Ini sangat menggembirakan, karena FBR adalah salah satu ormas yang sangat potensial di DKI maka itu kita harapkan bisa menambah dan menguatkan elektabilitas ke depan,” katanya.

Leave a comment

Search

Back to Top