Menko Darmin: Inflasi Akhir Tahun Diperkirakan Di Bawah 3,5%

Menko Darmin: Inflasi Akhir Tahun Diperkirakan Di Bawah 3,5%

Ekonomi No Comments on Menko Darmin: Inflasi Akhir Tahun Diperkirakan Di Bawah 3,5%

BeritaMonas, Jakarta – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memperkirakan angka inflasi nasional akhir tahun dapat dipertahankan di bawah 3,5% dengan kisaran 3,2%, sesuai pertimbangan pertumbuhan ekonomi 2019.

Hal ini mencerminkan kualitas ekonomi Indonesia yang membaik, ditandai dengan rendahnya angka inflasi karena pertumbuhan ekonomi dan stabilitas terjaga, meliputi data sosial ekonomi, tingkat pengangguran, gini ratio dan pendekatan terhadap distribusi indeks pembangunan manusia yang secara konsisten membaik.

“Kita tidak berlebihan kalau bilang kualitas ekonomi kita membaik,” ujar Menko Darmin.

Pemerintah melakukan pendekatan yang berbeda untuk perbaikan ekonomi di sektor infrastruktur, SDM, hingga masalah pertanahan, yang dinilai dapat mendorong transformasi ekonomi yang baik, sehingga dalam beberapa tahun kemudian Indonesia dapat keluar dari jebakan pendapatan menengah.

Faktor global juga berpengaruh terhadap situasi perekonomian nasional, seperti mulai redanya ketegangan perang dagang antara AS dan China, yang berdampak pada penguatan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS. Dibandingkan dengan negara lain, baik di ASEAN atau lainnya rupiah penguatannya tercepat. Dengan meredanya perang dagang, Indonesia diharapkan bisa menjalankan perekonomian dengan lebih baik.

“Rupiah sebenarnya mulai menguat akhir Oktober lalu, kalau dibandingkan dengan negara lain, baik di ASEAN atau lainnya rupiah penguatannya tercepat,” ungkapnya.¬†(RN/MCF)

Leave a comment

Search

Back to Top