Alvara Rilis Hasil Survei, Jokowi-Ma’ruf Ungguli Prabowo-Sandiaga

Alvara Rilis Hasil Survei, Jokowi-Ma’ruf Ungguli Prabowo-Sandiaga

Sosial Budaya No Comments on Alvara Rilis Hasil Survei, Jokowi-Ma’ruf Ungguli Prabowo-Sandiaga

BeritaMonas, Jakarta – Survei Alvara Research Center merilis hasilnya yang menunjukkan elektabilitas Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin masih unggul dibanding Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 54,1 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 33,9 persen,” kata CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali di Menteng, Selasa (6/11).

Hasanuddin menjelaskan, elektabilitas Prabowo- Sandi sebesar 33,9 persen atau turun 1,3 persen dibanding Agustus 2018. Adapun undecided voters menjadi 12 persen.

“Pasangan Jokowi-KH Maruf unggul di hampir semua wilayah, kecuali Sumatera,” katanya.

Dari sisi elektabilitas yang di lihat dari gerografis, Hasanuddin menyatakan pemilih di Jawa dan Sumatera sangat menentukan siapa yang akan menjadi pemenang di Pilpres 2019 mendatang.

Paslon Jokowi-Ma’ruf unggul di Jawa 58,1 persen, sedangan Prabowo-Sandiaga 29,2 persen. Untuk Sumatera paslon Prabowo-Sandiaga unggul 44,6 persen dan Jokowi-Ma’ruf 40 persen.

Hal yang perlu diperhatikan, kata Ali, ialah jumlah pemilih di pulau Jawa yang disebut sebagai jumlah pemilih terbesar. Ada sekitar 58 persen dari total pemilih yang berada di Pulau Jawa. Sementara di Sumatra, Ali memperkirakan ada sekitar 20 persen jumlah pemilih.

Survei digelar pada 8 hingga 22 Oktober 2018. menggunakan multi-stage random sampling dengan melakukan wawancara terhadap 1781 responden berusia 17 tahun ke atas. Rentang margin of errof sebesar 2,37 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei Alvara patut diwaspadai sebagai pesanan oposisi untuk membuat petahana lengah. (RN/MCF)

Leave a comment

Search

Back to Top