Pemerintah Telah Gelontarkan Rp.187 Triliun Dalam Empat Tahun

Pemerintah Telah Gelontarkan Rp.187 Triliun Dalam Empat Tahun

Ekonomi, Sosial Budaya No Comments on Pemerintah Telah Gelontarkan Rp.187 Triliun Dalam Empat Tahun

BeritaMonas, Jakarta – Angka kemiskinan di desa menurun dua kali lipat dibandingkan di kota dengan rincian 1,2 juta penduduk di desa berhasil dientaskan dari kemiskinan karena imbas dari adanya dana desa. Hal tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa 2019 dan Evaluasi Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Banten.

Presiden Jokowi menyebut, pemerintah melalui program Dana Desa selama 4 tahun menggelontorkan dana Rp 187 Triliun dan akan ditambah Rp 70 Triliun pada 2019. Hal ini membuktikan Pemerintah memberikan perhatian besar kepada desa.

“Saat ini dana desa sudah empat tahun kita jalankan. Total Rp 187 triliun. Ditambah lagi tahun depan Rp 70 triliun. Apa artinya? Artinya pemerintah memberi perhatian sangat besar kepada desa,” ujar Presiden.

Berdasarkan laporan capaian 4 tahun pemerintahan Jokowi-JK, masyarakat memanfaatkan Dana Desa sesuai dengan kebutuhannya untuk meningkatkan produktivitas dan memperbaiki kualitas hidup di desa yang dibuktikan dengan pembangunan pasar desa sebanyak 6.932 unit, saluran irigasi terbangun 39.351 unit dan jembatan terbangun sepanjang 1.028.225 m.

Adapun, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia tumbuh 5,17 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada triwulan III-2018, lebih tinggi dari periode yang sama 2017 yang sebesar 5,06 persen (yoy). Kepala BPS Suhariyanto dalam paparannya di Jakarta, Senin, mencatat pertumbuhan ekonomi secara kumulatif dari triwulan I-2018 hingga triwulan III-2018 tumbuh sebesar 5,17 persen (yoy). (RN/MCF)

Leave a comment

Search

Back to Top