Kemenhub: Pemerintah Akan Hidupkan Kembali 4 Jalur Kereta Api Di Jabar

Kemenhub: Pemerintah Akan Hidupkan Kembali 4 Jalur Kereta Api Di Jabar

Ekonomi No Comments on Kemenhub: Pemerintah Akan Hidupkan Kembali 4 Jalur Kereta Api Di Jabar

BeritaMonas.com, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menghidupkan kembali atau mereaktivasi 4 jalur kereta api di Jawa Barat yaitu lintas Cianjur-Padalarang, lintas Bandung-Ciwidey, lintas Rancaekek-Tanjungsari, lintas Banjar-Pangandaran-Cijulang dan lintas Cibatu-Garut-Cikajang karena dinilai bisa menumbuhkan perekonomian. Hal tersebut diungkapkan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri di Bandara Kertajati, Jawa Barat, Sabtu (3/11/2018).

“Kalau kita bicara KA di Pulau Jawa bagian selatan semula jaman dulu KA dikembangkan di Jawa memang yang berkembang itu adalah yang pertama dibangun oleh Belanda itu bagian selatan. Nah dalam perkembangannya, jalur utara lebih maju. Dulu dibangun juga Jakartake Bandung melalui utara,” kata ujar Zulfikri.

Saat ini, memang ada pelayanan KA dari Bogor ke Sukabumi. Namun, masih minim dengan frekuensi dan jumlah rangkaian yang tidak banyak.

“Memang rendah sekali pelayanannya, KA Pangrango 6 perjalanan sehari. Sukabumi sampai Cianjur ada pelayanan perintis sebanyak 6 kali juga sehari dengan KA Siliwangi, hanya sampai Cianjur. Relatif pergerakan masyarakat disini hanya sampai Cianjur,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kebutuhan transportasi jalur KA tersebut kian mendesak. Sebab pertumbuhan industri di kawasan tersebut juga terus bertumbuh, misalnya industri air mineral. Itulah kenapa Kemenhub saat ini melakukan pengembangan perkereta apiaan di Jawa Barat khususnya bagian selatan agar distribusi logistik semula melalui darat bisa beralih pada KA.

Pemerintah juga akan membangun stasiun-stasiun baru di titik-titik wisata, perumahan ataupun titik-titik keramaian untuk memecah kepadatan.

Proyek reaktivasi 4 jalur KA diharapkan bisa selesai dan dapat langsung terintegrasi dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. (RN/MCF)

Leave a comment

Search

Back to Top