Padepokan Ngasah Roso Ayatirrahman Penjaga NKRI

Padepokan Ngasah Roso Ayatirrahman Penjaga NKRI

Ideologi No Comments on Padepokan Ngasah Roso Ayatirrahman Penjaga NKRI

Berita Monas – Pada dasarnya Para Santri di wilayah Jawa Barat sangat cinta NKRI dan berwawasan kebangsaan, pondok pesantren yang mengkaderkan santri menjadi pribadi yang taat dan santun serta menghormati dan menghargai jasa para pahlawannya.

Santri adalah cikal bakal generasi penerus bangsa di masa yang akan datang, para santri dituntut untuk lebih memahami makna Pancasila sebagai ideologi bangsanya, kemajemukan bangsa ini menjadikan perekat antar aliran dan golongan, hal tersebut merupakan modal dasar persatuan bangsa Indonesia.

Jika melihat fungsi dan tujuan wawasan nusantara tersebut sangat jelas ada korelasinya dengan para santri di Jawa Barat dan daerah lainnya, Santri yang berwawasan nusantara serta cinta NKRI akan senantiasa menjaga persatuan bangsa Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Paguyuban Seniman Depok (PSD) melalui saudara Asep pada acara tausiah dengan tema {Para Santri berwawasan Nusantara”, yang digelar di padepokanNgasah Roso Ayatirrahman Gus Mus di Parung Bogor Jawa Barat.

Asep menambahkan pentingnya menjaga semangat persatuan yang memiliki wawasan nusantara khususnya dikalangan para santri, hal tersebut merupakan bagian dari ketahanan nasional. KH. Mustafa (Gus Mus) selaku pimpinan Padepokan Ngasah Roso Ayatirrahman mengatakan bahwa sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu-lagu perjuangan lainnya, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme para santri dan membina mental santri yang berwawasan kebangsaan.

Diakhir acara Para Santri menyatakan 3 hal :

  1. Santri akan menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila
  2. Santri turut serta menjaga stabilitas keamanan nasional
  3. Santri akan menjadi perekat untuk menjaga persatuan bangsa
Untuk kedepannya Kang Asep selaku ketua Paguyuban Seniman Depok (PSD) berharap agar santri-santri di Indonesia khususnya di jawa barat agar memiliki nilai-nilai kebangsaan yang melekat pada setiap santri, hal tersebut merupakan salah satu modal pemersatu bangsa, ucapan senada di aminkan oleh oleh Gus Mus, acara ditutup dengan do’a bersama untuk bangsa yang dipimpin Gus mus. 24/1/18

Leave a comment

Search

Back to Top