Waspada Opini Negatif Salamuddin Daeng Yang Fitnah Pemerintah Terkait Divestasi Saham PTFI

Waspada Opini Negatif Salamuddin Daeng Yang Fitnah Pemerintah Terkait Divestasi Saham PTFI

Ekonomi, Politik, Sosial Budaya No Comments on Waspada Opini Negatif Salamuddin Daeng Yang Fitnah Pemerintah Terkait Divestasi Saham PTFI

BeritaMonas, Jakarta – Waspadai opini negatif Salamuddin Daeng kepada Pemerintah melalui tulisan yang berjudul ‘Skandal Penjarahan Uang BUMN Untuk Pembelian Saham Rio Tinto Di Freeport’

Kesimpulan yang diambil sang penulis Salamuddin Daeng tidak berdasarkan fakta dan data yang valid sehingga menjadi fitnah sebagai upaya propaganda negatif dari oposisi terhadap pemerintah dengan mengangkat isu skandal penjarahan uang.

Masyarakat diharapkan agar tidak terprovokasi dan mempercayai informasi hoax tersebut.

Akuisisi hak partisipasi atau participating interest (PI) Rio Tinto di proyek Freeport Indonesia (FI) adalah upaya strategis pemerintah untuk segera menyelesaikan divestasi saham PT Freeport sebesar 51 %.

Keputusan itu tidak hanya akan memuluskan proses divestasi 51% saham FI, tetapi juga mendapatkan harga divestasi saham yang lebih murah mengingat harga pembelian 40% PI Rio Tinto karena statusnya saat dibeli masih dalam bentuk PI yang belum dikonversi ke saham.

Jika harga 40 persen PI Rio Tinto diperkirakan setara 36,14% saham divestasi FI. Dengan kepemilikan 36,14% saham divestasi FI pascapembelian 40% PI Rio Tinto, maka total saham pemerintah Indonesia menjadi sebesar 45,78%. Pemerintah tinggal membutuhkan 5,22% untuk menggenapkan menjadi 51% saham divestasi Freeport Indonesia.

Proses akuisisi tersebut ditugaskan kepada BUMD dan suku-suku besar terkait operasi PT.Freeport Indonesia dengan target selesai tahun 2018.

Keberhasilan pemerintah untuk memiliki sebagian besar saham PT. Freeport Indonesia merupakan kebanggaan negara (national pride).

Leave a comment

Search

Back to Top