Arief Budiman: ak Lolos Verifikasi Partai Berkarya dan Garuda sudah berdasarkan kajian obyektif

Arief Budiman: ak Lolos Verifikasi Partai Berkarya dan Garuda sudah berdasarkan kajian obyektif

Politik No Comments on Arief Budiman: ak Lolos Verifikasi Partai Berkarya dan Garuda sudah berdasarkan kajian obyektif

Jakarta, BeritaMonas – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak mempersoalkan adanya dua partai politik yang mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) karena dinyatakan tidak lolos tahap verifikasi administrasi.

Kedua partai tersebut, yakni Partai Garuda dan Partai Berkarya.

“KPU sudah melaksanakan tahapan sesuai jadwal yang telah ditentukan. KPU juga sudah memutus hasil penelitian verifikasi perbaikan yang diikuti 14 partai politik, tapi ada dua yang dinyatakan tidak lolos,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di Kampus UI Depok, Selasa (19/12/2017).

Jika partai tidak lolos mempersoalkan sistem informasi partai politik, menurut Arief, KPU sejak awal hanya berpedoman pada Peraturan KPU dan petunjuk tenis yang sudah ditetapkan.

Selain itu, menurut Arief, masing-masing partai politik telah menerima informasi dan penjelasan dari KPU agar dapat lolos tahap verifikasi administrasi.

“Parpol sudah terima penjelasan dari kami dan sudah kami kerjakan sesuai regulasi,” kata Arief.

 

Sebelumnya, dua partai politik, yakni Partai Garuda dan Partai Berkarya mengajukan gugatan ke Bawaslu.

Gugatan itu disebabkan keduanya dinyatakan tak lolos dalam tahap penelitian administrasi yang dilakukan KPU.

Komisioner KPU Hasyim Azhari mengatakan, Partai Berkarya dan Partai Garuda dinyatakan tidak lanjut karena tidak bisa memenuhi syarat batas minimal daftar keanggotaan di kabupaten/kota.

Berdasarkan Undang-Undang Pemilu, di setiap kabupaten/kota harus memiliki keanggotaan minimal seribu orang atau satu per seribu dari jumlah penduduk.

 

Leave a comment

Search

Back to Top