Operasi Mantap Praja Prioritaskan Pengamanan Pilkada Aceh, DKI & Papua Barat

Operasi Mantap Praja Prioritaskan Pengamanan Pilkada Aceh, DKI & Papua Barat

Politik No Comments on Operasi Mantap Praja Prioritaskan Pengamanan Pilkada Aceh, DKI & Papua Barat

JAKARTA – Mabes Pol‎ri akan menggelar Operasi Mantap Praja untuk mengamankan pilkada serentak di berbagai daerah pada 15 Februari 2017. Tiga provinsi jadi prioritas pengamanan yakni Aceh, DKI Jakarta, dan Papua Barat.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, Operasi Mantap Praja akan dimulai saat dibukanya pendaftaran bakal calon kepala daerah di KPUD.

“‎Para Kapolda sudah membuat Operasi Mantap Praja, jadi kita tahu bahwa besok mulai hari pendaftaran jadi penetapan calon kemudian nanti masa kampanye itu sudah ada tahapannya namanya dan dipimpin Kapolda,” ujar Boy di Rumah Sakit Bhayangkara Soekanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (20/9/2016).

Adapun tujuh provinsi yang akan menggelar pilkada tahun depan adalah Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat. Berikutnya 94 kabupaten dan kota di 28 provinsi juga melakukan hajat demokrasi serupa.

Menurut Boy, Mabes Polri akan memberikan bantuan kepada jajaran Polda hingga Polres yang melakukan Operasi Mantap Praja. Jumlah personel yang diterjunkan nantinya disesuaikan kebutuhan di lapangan. “Masing-masing Kapolda yang menghitung,” ujar mantan Kapolda Banten ini.

Kapolri Jendral Tito Karnavian telah menginstruksikan agar Polda memberikan pengamanan maksimal jika wilayah hukumnya menggelar pilkada.

“Kapolda sudah diinstruksikan untuk mengatur segala sesuatunya. Termasuk persiapan, koordinasi latihan dimulai pengamanan. Terutama pada saat setelah ditetapkannya pasangan calon oleh KPU karena akan segera memasuki masa kampanye,” jelas Boy.

Terdapat tiga provinsi yang akan difokuskan dalam Operasi Mantap Praja nantinya yakni, Aceh, DKI Jakarta, dan Papua Barat. “‎Itu laporan pihak intelijen jadi perlu ditingkatkan pengamanan. Isunya itu rawan konflik sosial dan lain-lain,” tandas Boy

Leave a comment

Search

Back to Top