Awasi Proses Demokrasi Lokal, Jangan Hanya Diam

Awasi Proses Demokrasi Lokal, Jangan Hanya Diam

Politik No Comments on Awasi Proses Demokrasi Lokal, Jangan Hanya Diam

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak masyarakat untuk turut mengawasi jalannya ajang demokrasi di tingkat lokal. Sebab, jika hanya Bawaslu, Tjahjo menilai akan ada banyak celah kotor yang akan sulit terawasi.

“Pengawasan tidak cukup hanya oleh Bawaslu saja, tapi peran masyarakat,” tutur Tjahjo di Jakarta, kemarin.

Tjahjo sangat berharap dukun­gan serta peran masyarakat da­lam menyukseskan Pilkada 2017 mendatang. Dia pun mengimbau agar warga saling membantu dan mengawasi proses penyeleng­garaan Pilkada, mulai dari awal sampai nantinya dilaksanakan.

“Masyarakat semuanya harus ikut terlibat untuk mengawasi sekecil apapun tahapan-tahapan yang ada,” jelas dia.

Politikus PDIP itu juga ber­harap, adanya inisiatif masyarakat dan gerakan sosialiasi lainnya sehingga dapat menekan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan peserta pemilu.

“Sekarang ini tugas Bawaslu mengajak masyarakat bersosial­isasi, bahwa pengawasan yang berhasil bukan semata-mata oleh Bawaslu. Mesti didukung langsung oleh masyarakat. Itu kuncinya,” terang Tjahjo.

Ketua Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) , Muhammad juga berharap masyarakat dapat memanfaatkan perannya dalam mengawasi pilkada.

“Dari dulu kami menyadari bahwa tanggung jawab sukses pemilu dan pilkada serta sistem pengawasan pemilu sejatin­ya tanggung jawab bersama. Bawaslu mengajak masyarakat punya andil untuk sukseskan pengawasan pemilu,” ujar Muhammad, dalam keterangan­nya, kemarin.

Dia menilai, perhelatan Pilkada tidak hanya dimiliki oleh pemangku kepentingan saja, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, mau­pun partai politik. Tetapi dirinya menekankan, pelaksanaan serta pengawasan pemilu harus juga dilakukan masyarakat.

“Jadi kami ingin menggung­gah kesadaran masyarakat melalui program pengawasan partisipatif dalam sosialisasi akbar ini supaya masyarakat ikut serta. Bagaimana kita bekerja apapun profesinya paling tidak kita peduli terhadap pengawasan pemilu sebagai tanggung jawab bersama,” tukasnya

Leave a comment

Search

Back to Top