BI Medan Buka Layanan Tukar Uang Online

BI Medan Buka Layanan Tukar Uang Online

Ekonomi, Hiburan No Comments on BI Medan Buka Layanan Tukar Uang Online

MEDAN, – Mengantisipasi tingginya kebutuhan uang kartal jelang lebaran 2016 nanti, Bank Indonesia (BI) membuka sistem layanan tukar uang berbasis online di Medan.

Aplikasi ini ditujukan untuk mempercepat penukaran uang kepada masyarakat tertentu, khususnya antar instansi – instansi, baik milik swasta atau pemerintah.

“Ini pertama kali dilakukan di Indonesia. Perwakilan instansi yang hendak menukarkan uang harus masuk ke aplikasi www.kaskelilingmedan.com. Selanjutnya mengisi aplikasi seperti nomor karyawan, nilai yang hendak ditukar dan pecahan yang dibutuhkan,” kata Kepala BI Perwakilan Wilayah Sumut, Difi A Johansyah, Rabu (8/6/2016).

Lanjutnya, BI Wilayah Sumut juga menyediakan uang kartal baru di ATM bank-bank yang khusus bekerjasama dalam penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK).

“Uang kartal baru sudah ada sejak April lalu. Jadi masyarakat yang menarik uang di ATM akan keluar uang baru sehingga tidak perlu lagi menunggu di loket penukaran uang yang biasa dilakukan pada pertengahan Ramadhan,” ucap Difi.

Ada sembilan bank penukaran dengan kartu debet (cash to card) yang bekerjasama dalam hal penukaran UPK, yaitu BCA Jalan Diponegoro, BII Jalan Diponegoro, BNI Jalan Pemuda, BRI Jalan Putri Hijau, CIMB Niaga Jalan Bukit Barisan, Danamon Jalan Putri Hijau, Bank Mandiri Jalan Balai Kota, Bank Mestika di Jalan Zainul Arifin, dan Bank Permata Jalan Zainul Arifin.

“Masyarakat bisa memperoleh uang kartal baru di tiap bank tersebut. Untuk kebutuhan uang tunai jelang hari raya yang diperkirakan mencapai Rp 4,8 triliun, ada layanan penukaran kas mobile oleh 11 mobil bank dan satu kas mobil Bank Indonesia,” tambahnya.

Ke 11 mobil bank tersebut adalah Bank Permata, BNI, BPD Sumut, BRI, CIMB Niaga, Bank Mega, Bank Muamalat, BNI Syariah, May Bank, Mestika dan Bank Mandiri.

Kepada masyarakat yang memiliki uang logam dapat menukarkannya di loket khusus mobil kas BI yang telah disediakan.

Sementara layanan kas keliling mobile akan dipusatkan di pasar- pasar tradisional serta instansi terkait di wilayah Medan dan sekitarnya

Leave a comment

Search

Back to Top