Mencuplik Sejarah di Film ‘Battle of Surabaya’

Mencuplik Sejarah di Film ‘Battle of Surabaya’

Hiburan, Sosial Budaya No Comments on Mencuplik Sejarah di Film ‘Battle of Surabaya’

Jakarta, BERITAMONAS – Film animasi berjudul Battle of Surabaya siap tayang hari ini, 20 Agustus 2015, adalah hasil kerjasama antara produksi MSV Pictures dengan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta. Gagasan pembuatan film ini dimulai sejak 2012 tahun lalu.

Film ini diproduksi dengan mengeluarkan kocek yang tidak sedikit, sekitar Rp15 miliar, Battle of Surabaya telah dikuras untuk penayangan di beberapa tempat dengan menggaet pemodal film “Disney Pictures” yang akan mendistribusikan film ini.

Film animasi ini berisi perjuangan pahlawan nasional yang berusaha keluar dari zaman penjajahan merupakan film anak bangsa yang bergaya animasi Jepang, dimana fitur gambarnya berasosiasi dengan suasana alam di negara Jepang.

Battle of Surabaya bercerita mengenai Musa, anak berumur 14 tahun yang bekerja sebagai penyemir sepatu dan kurir surat sekitar 1945. Musa termasuk anak kecil yang cerdik yang berani membantu pejuang-pejuang Nasional untuk mengamankan Kemerdekaan Indonesia. Walaupun Musa punya akal yang cerdik namun tidak sedikit mengalami hambatan dan rintangan yang datang dari teman dan keluarganya.

Perjuangan Musa tidak lepas dari kehidupannya masa kecilnya dengan teman-teman bermainnya, selain memperhatikan rasa nasionalisme sebagai anak berumur masih muda tentu saja banyak memperlihatkan sifat kekanakannya. Usaha Musa dalam membantu pejuang-pejuang nasional menginspirasi jiwa untuk bergerak memajukan bangsa dan negara ini dari ketertinggalan dengan negara lain. film ini sekalipun berbentuk animasi namun orang dewasapun perlu menonton film ini karena banyak sifat dan pembelajaran tentang arti nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.

Editor : Zul

Leave a comment

Search

Back to Top